Festival Tambora Tahun 2022 Berjalan Dengan Aman dan Lancar, Wakil Gubernur NTB Ucap Terima Kasih Kepada Semua Pihak

  • Bagikan
Festival Tambora Tahun 2022 Berjalan Dengan Aman dan Lancar, Wakil Gubernur NTB Ucap Terima Kasih Kepada Semua Pihak

Dompu, NTB – Pada hari Minggu tanggal 05 Juni 2022, sekitar pukul 15.45 wita, bertempat di Santcuari Rusa Timor jalur pendakian Doroncanga Desa Soritatanga Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu telah dilaksanakan kegiatan “Tambora Berzikir” yang merupakan puncak kegiatan Festival Tambora tahun 2022 dengan mengusung tema “INI DOMPU, Negeri 3 peradaban dengan sejuta Investasi wujutkan destinasi parawisata pegunungan kelas Dunia”.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, Asisten Deputi Pengembangan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Dan Investasi Republik Indonesia, Direktur Event Daerah Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) KEMENPAREKRAF/BAPAREKRAF Republik Indonesia, Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan Kawasan Konservasi (Direktur PJLKK) DIRJEN KSDAE Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Bupati/Walikota Se Provinsi Nusa Tenggara Barat, Bupati Dompu KADER JAILANI dan Wakil Bupati Dompu, Kapolres Dompu AKBP IWAN HIDAYAT, S.IK, DANDIM 1416 Dompu, Kepala pengadilan Negeri Dompu, Ketua kejari Kabupaten Dompu, Kepala Balai Konservasi SDA Provinsi NTB, Kepala Balai Taman Nasional Tambora, Pimpinan Instansi Vertikal lingkup Provinsi NTB, Pimpinan OPD lingkup Provinsi NTB, Pimpinan OPD lingkup Kab. Dompu, Presiden UNISCO Global Geopark, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, Mitra Balai Taman Nasional Tambora,Tamu undangan sekitar 400 orang.

Bupati Dompu KADER JAILANI dalam sambutannya mengatakan Saya merasah berbahagia pada kesemetan ini dapat bersilaturahim dan hadir di tengah – tengah bapa dan ibu sekalian di momen puncak hari festival Tambora tahun 2022. Pada festival tambora Kab. Dompu tahun 2022 mengangkat tema. “INI DOMPU, Negeri 3 peradaban dengan sejutan Investasi wujutkan destinasi parawisata pegunungan kelas Dunia.

“Kita merasa sukur kepada Allah Swt, tahun ini kita kembali bisa menyelengarakan secara meria festival tambora setelah kasus pandemi Covid 19.Tambora yang sudah di tetapkan menjadi kawasan Geopark Nasional yang memilki berbagai potensi pariwisata dan keanekaragaman Budaya yang tidak kalah dengan daerah-daerah lainya yang di Indonesia”, terang bupati Dompu.

Ia menambahkan, Lewat momen festival tambora ini saya mengajak kepada kita semua yang hadir untuk bermunajat dan memohon do’a kepada Allah Swt.

Sementara Direktur Pemufakat Jasa Kawasan Konservasi Dirjen Kementrian Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementrian LHK RI Dr. NANANG PRIADI S. Hut M. Si dalam sambutannya mengatakan saat ini kita berada disalah satu jalur pendakian menuju puncak tambora Taman Nasional Tambora memiliki empat jalur pendakian yakni jalur Doroncanga, jalur Pancasila, jalur Piong dan jalur Kawinda/ Kore.

“Pagi tadi kami telah memberikan bantuan kepada masyarakat yang akan melaksanakan penunggangan kuda. Tahun ini kami juga akan memberikan bantuan mobil jeep yang akan digunakan sebagai fasilitas untuk melakukan pendakian. Mohon kepada Wagub dan Bupati agar tidak dilakukan pengaspalan jalan sampai dengan Pos 3, karena hal tersebut akan menghilangkan seni dalam mendaki”, tutur Bapak LHK RI. Dr Nanang Priadi S. Hut M. Si

Direktur Even Daerah Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Even Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI REZA FAHLEVI sebagai berikut Kami ingin menyampaikan salam dari Bapak Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI kepada semua tamu undangan yang hadir di tempat ini. Kami sangat mengapresiasi atas inisiasi dari Pemerintah Provinsi NTB maupun pemerintah Kabupaten Dompu atas pelaksanaan kegiatan ini.

“Ini merupakan salah satu bentuk kolaborasi dari berbagai kementerian dan lembaga sehingga kegiatan ini berjalan dengan baik. Nusa Tenggara Barat memiliki kekayaan dan potensi pariwisata yang luar biasa serta potensi yang ada ini kita dapat hadirkan menjadi produk pariwisata yang berkualitas dan memiliki daya saing. Nusa Tenggara Barat juga banyak menyelenggarakan even-even kelas dunia tahun ini”, tutunya.

Sementara Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. SITI ROHMI DJALILAH, M. Pd dalam sambutannya mengatakan begitu saya datang ke kawasan Tambora ini, tidak henti-hentinya saya mengucapkan syukur kepada Allah SWT karena telah menciptakan alam yang sangat indah di daerah NTB ini. Kita ingat Tambora bahwa 207 tahun yang lalu atau dua abat lebih gunung tambora mengalami letusan yang begitu dahsyat.

“Saat ini Tambora menyapa dunia dengan berjuta senyumannya, keindahannya, kebaikannya dan kekayaannya. Kita semua yang ada di NTB ini harus betul-betul bisa bekerja sama untuk mewujud agar Tambora ini menjadi destinasi wisata kelas dunia”, ujar Wakil Gubernur NTB.

Wakil Gubernur NTB menambahkan, Tambora ini sangat luar biasa indahnya, pada saat kita berjalan dan melihat pemandangan kiri dan kanan seperti di Eropa. Banyak tamu yang datang ketempa ini diperkirakan sekitar 5000 orang, namun ada sedikit hal yang membuat tidak nyaman yakni para pengunjung meninggalkan sampah.

“Ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam kegiatan ini sehingga kegiatan berjalan dengan lancar. Semoga kedepannya kegiatan seperti ini akan lebih baik lagi”, tutup Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Siti Rohmi Djalilah, M.Pd.

Kegiatan di lanjutkan dengan Zdikir dan istogosah bersama yang dipimpin oleh Ustd SYA’BAN BIN AHMAD.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.