Binkam

Polda NTB Gelar Simulasi Sispamkota, Wujud Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024

×

Polda NTB Gelar Simulasi Sispamkota, Wujud Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini

 

Mataram – Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar simulasi Sistem pengamanan kota (Sispamkota) di Jln. Pejanggik Kota Mataram, tepatnya di depan Lapangan Sangkareang, Jumat (24/11/2023). Kegiatan ini sebagai wujud kesiapan pengamanan Pemilu 2024 dengan melibatkan seluruh kekuatan personel Polri dan unsur lainnya baik TNI maupun pemerintah daerah.

Kapolda NTB, Irjen Pol Drs. Raden Umar Faroq SH., M.Hum., mengatakan, Simulasi Sispamkota ini digelar untuk memaksimalkan persiapan personel pengamanan dari satuan tugas gabungan Polda NTB, Korem 162/WB dan pemangku kepentingan terkait.

“Dalam Pemilu, Polri memiliki peran yang sangat strategis. Polri melaksanakan tugas pokok fungsinya yang langsung bersentuhan dengan objek pengamanan, tentunya untuk menjaga situasi Kamtibmas di tengah masyarakat,” ujar Kapolda .

Kapolda juga menegaskan, situasi dan kondisi Kamtibmas yang kondusif merupakan syarat utama dalam menyelenggarakan Pemilu 2024.

Oleh karena itu kata Pati Bintang Dua itu, giat tersebut merupakan salah satu upaya penting untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme personel Polda NTB dengan meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta kesiapan dalam menghadapi berbagai situasi dan kondisi proses Pemilu 2024 mendatang.

“Jika Pemilu tidak berjalan lancar, maka dapat berdampak pada terhambatnya kegiatan pemerintahan yang berpengaruh kepada seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara,” imbuhnya.

Menurut Irjen Faroq, berbagai potensi kerawanan dapat terjadi pada setiap tahapan Pemilu, seperti pelanggaran tindak pidana Pemilu, termasuk tindak pidana umum. Sehingga hal tersebut harus dikelola dan tangani secara prediktif, profesional dan transparan serta akuntabel.

Melalui Simulasi Sispamkota itu, Kapolda berharap personel yang terlibat pengamanan dapat mengerti apa yang menjadi tugasnya, dan mampu berkoordinasi antar fungsi dan satuan kerja serta memahami cara bertindak pada saat menerima informasi ataupun arahan dari para pimpinan yang berada di lapangan.

Adapun simulasi Sispamkota pengamanan tahapan Pemilu melalui beberapa skenario. Mulai dari pengamanan tahapan kampanye, masa tenang, tahap pendistribusian logistik, tahap pemungutan suara, pengamanan pernghitungan suara, hingga pengamanan tahapan penetapan hasil Pemilu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *