Binkam

Polres Lombok Barat Siap Amankan Pemilu 2024, Cek Kesiapan Personil dan Sarana Prasarana

×

Polres Lombok Barat Siap Amankan Pemilu 2024, Cek Kesiapan Personil dan Sarana Prasarana

Sebarkan artikel ini
Satgas Ban Ops Polres Lombok Barat Gelar Berbagai Kegiatan Jelang Pemilu 2024

Lombok Barat, NTB – Satuan Tugas (Satgas) Bantuan Operasi (Ban Ops) Polres Lombok Barat, Polda NTB, melaksanakan berbagai kegiatan pada hari Rabu (22/11/2023). Sebagai bagian dari persiapan menjelang Pemilu Serentak 2024.

Kegiatan tersebut meliputi pengecekan kesiapan personil, pengecekan logistik, pengecekan kesehatan, patroli pesisir, dan sosialisasi edukasi pemilu.

Hal ini disampaikan oleh Kabag SDM Polres Lombok Barat, AKP Dewi Komalasari, S.H., yang juga bertindak sebagai Dansatgas Ban Ops Polres Lombok Barat.

Ia mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk memastikan kesiapan personil dan sarana prasarana yang akan digunakan dalam pengamanan Pemilu 2024. Serta untuk meningkatkan kewaspadaan dan koordinasi dengan stakeholder terkait.

“Kami ingin memastikan bahwa personil kami siap secara fisik, mental, dan profesional dalam melaksanakan tugas pengamanan Pemilu 2024. Juga ingin memastikan bahwa sarana prasarana kami, seperti kendaraan, peralatan, dan obat-obatan, siap digunakan kapan saja. Selain itu, kami juga ingin meningkatkan kewaspadaan dan koordinasi dengan stakeholder terkait, seperti pihak pelabuhan, pengguna jasa, dan masyarakat, dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif,” ujar AKP Dewi Komalasari.

Berikut adalah rincian kegiatan yang dilakukan oleh Satgas Ban Ops Polres Lombok Barat pada hari Rabu, 22 November 2023:

Subsatgas Propam

Pukul 08.35 Wita, bertempat di Lapangan Hijau Polres Lombok Barat, personil Propam melaksanakan pengecekan apel kesiapan personil Polres Lombok Barat yang terlibat dalam sprint OMB Rinjani tahun 2023/2024. Sprint OMB Rinjani adalah operasi mantap brata yang dilakukan oleh Polda NTB untuk mengamankan Pemilu 2024. Dalam pengecekan tersebut, personil Propam memeriksa kelengkapan atribut, senjata, dan perlengkapan lainnya yang akan digunakan oleh personil dalam sprint OMB Rinjani. Selain itu, personil Propam juga memberikan arahan dan pembinaan kepada personil terkait tata cara pelaksanaan tugas, etika, dan disiplin.

Subsatgas Logistik

Pukul 09.00 Wita, bertempat di halaman parkir Polres Lombok Barat, personil logistik melaksanakan pengecekan serta mempersiapkan secara maksimal randis Sat Binmas (mobil penyuluhan/penerangan keliling) Polres Lombok Barat, agar siap digunakan dalam kegiatan PAM OMB Rinjani 2023-2024 di wilayah hukum Polres Lombok Barat. Randis Sat Binmas adalah kendaraan yang dilengkapi dengan peralatan audio visual, seperti speaker, layar, dan proyektor, yang digunakan untuk menyampaikan informasi dan edukasi kepada masyarakat terkait Pemilu 2024. Personil logistik memeriksa kondisi fisik, mesin, bahan bakar, dan peralatan audio visual randis Sat Binmas, serta melakukan perawatan dan perbaikan jika diperlukan.

Subsatgas Dokkes

Pukul 09.30 Wita, bertempat di ruang dokkes Polres Lombok Barat, personil dokkes Polres Lombok Barat sebagai subsatgas dokkes, melaksanakan pengecekan tensi kesehatan kepada personil yang terlibat OMB Rinjani 2023-2024 di Mako Polres Lombok Barat. Pengecekan tensi kesehatan bertujuan untuk memantau kondisi kesehatan personil, serta untuk mencegah dan menangani kemungkinan terjadinya gangguan kesehatan yang dapat mengganggu pelaksanaan tugas. Dari hasil pengecekan, personil yang terlibat sprint dalam keadaan sehat dan siap bertugas.

Subsatgas Polair

Bertempat di Pelabuhan Timur ASDP Lembar, kecamatan Lembar, kabupaten Lombok Barat, personil polair melaksanakan kegiatan patroli jalan kaki/patroli pesisir di sekitar pelabuhan. Patroli pesisir bertujuan untuk mengantisipasi tindak pidana patroli-kryd-cegah-3c-dan-gangguan-kamtibmas/”>3C (curas, curat, dan curanmor), serta tindak pidana perairan lainnya, seperti penyelundupan, pencurian ikan, dan pencemaran laut.

Selama patroli, personil polair juga memberikan himbauan kamtibmas kepada para pengguna jasa pelabuhan dan masyarakat setempat untuk tetap menjaga keamanan, kebersihan, dan ketertiban di sekitar pelabuhan.

Serta untuk berhati-hati dalam melaksanakan kegiatan aktivitas perjalanan laut (safety first), guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti laka kerja dan laka laut.

Bertempat di ruang tunggu Pelabuhan Timur ASDP Lembar, personil polair melaksanakan kegiatan polmas air, yaitu memberikan sosialisasi/edukasi tentang keselamatan perjalanan laut dan edukasi Pemilu 2024 kepada para pengguna jasa pelabuhan/masyarakat setempat. Sosialisasi/edukasi tentang keselamatan perjalanan laut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan ketaatan masyarakat terhadap peraturan dan prosedur perjalanan laut, serta untuk memberikan tips dan trik dalam menghadapi situasi darurat di laut, seperti kebakaran, tenggelam, atau tersesat. Sosialisasi/edukasi tentang Pemilu 2024 bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada masyarakat terkait tahapan, mekanisme, dan aturan Pemilu 2024, serta untuk mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam Pemilu 2024 dengan menggunakan hak pilihnya secara cerdas, jujur, dan adil. Selain itu, personil polair juga memberikan himbauan kamtibmas untuk tidak mudah percaya terhadap isu, hate speech, berita bohong/hoax yang bisa memecah belah persatuan NKRI, serta untuk bersama-sama menjaga kondusifitas kamtibmas menjelang Pemilu Serentak 2024.

Ajak Masyarakat Tetap menjaga Siruasi kamtibmas yang Kondusif

AKP Dewi Komalasari menambahkan bahwa kegiatankegiatan yang dilakukan oleh Satgas Ban Ops Polres Lombok Barat akan terus dilakukan secara rutin dan berkesinambungan hingga Pemilu 2024 selesai. Ia juga menghimbau kepada masyarakat untuk mendukung dan bekerja sama dengan pihak kepolisian dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif, serta untuk menggunakan hak pilihnya secara bertanggung jawab dalam Pemilu 2024.

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk mendukung dan bekerja sama dengan pihak kepolisian dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif, serta untuk menggunakan hak pilihnya secara bertanggung jawab dalam Pemilu 2024. Mari kita bersama-sama menjaga NKRI yang kita cintai ini,” tutup AKP Dewi Komalasari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *