Binkam

Polres Lombok Barat Siap Tindak Kejahatan Siber di Pemilu 2024

×

Polres Lombok Barat Siap Tindak Kejahatan Siber di Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Polres Lombok Barat Siaga Amankan Pemilu 2024

Lombok Barat, NTB – Polres Lombok Barat, Polda NTB, terus berupaya menciptakan situasi yang aman dan kondusif menjelang dan selama Pemilu 2024. Salah satu upayanya adalah dengan meningkatkan patroli dan pengamanan di berbagai lokasi strategis, termasuk di media sosial.

Pada hari Rabu, tanggal 22 November 2023, Satgas Gakkum Polres Lombok Barat melaksanakan kegiatan patroli siber dan penyidikan tindak pidana di luar tindak pidana Pemilu. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka Operasi Mantap Brata Rinjani 2023-2024 yang bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Subsatgas Siber

Pada Subsatgas Siber, petugas melakukan patroli siber di media sosial dan media online untuk melihat isu-isu yang berkembang terkait Pemilu 2024. Petugas juga mengumpulkan data informasi dan mengolahnya untuk mencegah dan menegakkan hukum kejahatan siber dalam pemilu. Selain itu, petugas juga melakukan profiling terhadap pelaku/potensi pelaku peretas sistem IT dan kejahatan siber terkait pelaksanaan pemilu. Petugas juga melakukan analisa terhadap data/kript/sistem IT terkait pengamanan dan pelaksanaan pemilu.

Subsatgas Pidum

Pada Subsatgas Pidum, petugas melakukan penyelidikan terhadap terjadinya tindak pidana di luar tindak pidana Pemilu. Tindak pidana ini adalah tindak pidana yang terjadi sebagai akibat penyelenggaraan Pemilu, seperti tindak pidana pencurian, kekerasan, dan perusakan. Petugas juga mengumpulkan data, informasi, dan bukti-bukti terkait terjadinya tindak pidana di luar Pemilu. Data-data ini akan digunakan untuk melengkapi proses penyidikan.

Kewaspadaan Tinggi

Kasat Reskrim Polres Lombok Barat, AKP M. Rayendra Rizqilla Abadi Putra, S.T.K., SIK, mengatakan bahwa pihaknya terus meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai potensi ancaman kejahatan menjelang Pemilu 2024. Salah satunya adalah kejahatan siber.

“Kejahatan siber merupakan salah satu ancaman yang perlu diwaspadai menjelang Pemilu 2024. Kejahatan ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti penyebaran berita bohong, kampanye hitam, dan peretasan sistem IT,” ujar AKP M. Rayendra Rizqilla Abadi Putra.

AKP M. Rayendra Rizqilla Abadi Putra mengimbau kepada masyarakat untuk turut berperan aktif dalam menjaga kamtibmas menjelang Pemilu 2024. Masyarakat dapat melaporkan kepada pihak kepolisian jika menemukan adanya potensi ancaman kejahatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *