Binkam

Polri Bersinergi dengan Tokoh Masyarakat Cegah Gangguan Kamtibmas Jelang Pemilu 2024

×

Polri Bersinergi dengan Tokoh Masyarakat Cegah Gangguan Kamtibmas Jelang Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Satgas Preemtif Polres Lombok Barat Sosialisasikan Pemilu 2024

Lombok barat, NTB – Satuan Tugas (Satgas) Preemtif Polres Lombok Barat, Polda NTB, melaksanakan kegiatan sosialisasi kepada komunitas pedagang ayam pasar Kuripan dan tokoh masyarakat Kuripan, terkait tahapan Pemilu Serentak 2024 dan himbauan kamtibmas, pada hari Rabu, 22 November 2023.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada masyarakat terkait Pemilu 2024, serta untuk mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam Pemilu 2024 dengan menggunakan hak pilihnya secara cerdas, jujur, dan adil.

Hal ini disampaikan oleh Kasat Binmas Polres Lombok Barat, AKP Daniel Ibi Lona, S.Sos., yang juga bertindak sebagai Dansubsubsatgas Sosialisasi (Binmas) Satgas Preemtif Polres Lombok Barat. Ia mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya pencegahan dan penanggulangan gangguan kamtibmas yang berpotensi terjadi menjelang Pemilu 2024, seperti konflik sosial, politik uang, dan pelanggaran pemilu.

“Kami ingin memberikan informasi dan pemahaman kepada masyarakat terkait tahapan, mekanisme, dan aturan Pemilu 2024, serta hak dan kewajiban mereka sebagai pemilih. Kami juga ingin mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam Pemilu 2024 dengan menggunakan hak pilihnya secara cerdas, jujur, dan adil, tanpa terpengaruh oleh isu, hate speech, berita bohong/hoax, atau fanatisme berlebihan terhadap salah satu pasangan calon (paslon), yang bisa memecah belah persatuan NKRI. Kami juga ingin bersama-sama dengan masyarakat menjaga kondusifitas kamtibmas menjelang Pemilu Serentak 2024,” ujar AKP Daniel Ibi Lona.

Berikut adalah rincian kegiatan yang dilakukan oleh Subsubsatgas Sosialisasi (Binmas) Satgas Preemtif Polres Lombok Barat pada hari Rabu, 22 November 2023:

Sosialisasi kepada Komunitas Pedagang Ayam Pasar Kuripan

Pukul 09.00 Wita, bertempat di Pasar Kuripan, kecamatan Kuripan, kabupaten Lombok Barat, personil Binmas Polres Lombok Barat melaksanakan sosialisasi kepada komunitas pedagang ayam pasar Kuripan, terkait tahapan Pemilu 2024 dan himbauan kamtibmas.

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh sekitar 50 orang pedagang ayam, yang merupakan salah satu komunitas ekonomi yang cukup besar dan berpengaruh di pasar Kuripan.

Dalam sosialisasi tersebut, personil Binmas Polres Lombok Barat menyampaikan materi tentang tahapan Pemilu 2024, mulai dari pendaftaran paslon, kampanye, pemungutan suara, penghitungan suara, hingga penetapan hasil.

Selain itu, personil Binmas Polres Lombok Barat juga memberikan himbauan kamtibmas kepada para pedagang ayam, antara lain agar tidak fanatisme berlebihan terhadap salah satu paslon, yang nantinya berdampak terjadinya disharmonisasi hubungan sosial antar teman, warga, ataupun keluarga; untuk tidak mudah percaya terhadap isu, hate speech, berita bohong/hoax yang bisa memecah belah persatuan NKRI; serta untuk bersama-sama menjaga kondusifitas kamtibmas menjelang Pemilu Serentak 2024.

Kegiatan sosialisasi berjalan lancar dan interaktif, dengan adanya tanya jawab dan diskusi antara personil Binmas Polres Lombok Barat dengan para pedagang ayam.

Sosialisasi kepada Tokoh Masyarakat Kuripan

Pukul 10.00 Wita, bertempat di rumah tokoh masyarakat Kuripan, Bapak Haji Suherman, personil Binmas Polres Lombok Barat melaksanakan sosialisasi, himbauan kamtibmas, dan silaturahmi kepada tokoh masyarakat Kuripan, terkait tahapan Pemilu 2024 dan himbauan kamtibmas.

Tokoh masyarakat Kuripan merupakan salah satu tokoh yang dihormati dan disegani oleh masyarakat Kuripan, karena memiliki pengaruh dan peran yang besar dalam membina dan memajukan masyarakat Kuripan, baik dalam bidang sosial, ekonomi, maupun keagamaan.

Dalam sosialisasi tersebut, personil Binmas Polres Lombok Barat menyampaikan materi yang sama dengan yang disampaikan kepada komunitas pedagang ayam pasar Kuripan, yaitu tentang tahapan Pemilu 2024 dan himbauan kamtibmas.

Selain itu, personil Binmas Polres Lombok Barat juga meminta bantuan dan dukungan dari tokoh masyarakat Kuripan untuk ikut serta dalam mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat Kuripan terkait Pemilu 2024 dan himbauan kamtibmas, serta untuk ikut serta dalam menjaga kondusifitas kamtibmas menjelang Pemilu Serentak 2024.

Kegiatan sosialisasi berjalan lancar dan harmonis, dengan adanya sambutan dan apresiasi dari tokoh masyarakat Kuripan terhadap kegiatan yang dilakukan oleh personil Binmas Polres Lombok Barat.

Polres Lombok Barat Akan Melaksanakannya Secara Berkelanjutan

AKP Daniel Ibi Lona menambahkan bahwa kegiatankegiatan yang dilakukan oleh Subsubsatgas Sosialisasi (Binmas) Satgas Preemtif Polres Lombok Barat akan terus dilakukan secara rutin dan berkesinambungan hingga Pemilu 2024 selesai.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat untuk mendukung dan bekerja sama dengan pihak kepolisian dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif, serta untuk menggunakan hak pilihnya secara bertanggung jawab dalam Pemilu 2024.

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk mendukung dan bekerja sama dengan pihak kepolisian dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif, serta untuk menggunakan hak pilihnya secara bertanggung jawab dalam Pemilu 2024. Mari kita bersama-sama menjaga NKRI yang kita cintai ini,” tutup AKP Daniel Ibi Lona.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *