Binkam

Sat Polairud Polres Lobar Antisipasi Tindak Pidana di Pelabuhan

×

Sat Polairud Polres Lobar Antisipasi Tindak Pidana di Pelabuhan

Sebarkan artikel ini
Patroli dan Sosialisasi Polairud Polres Lobar di Pelabuhan

Lombok Barat, NTB – Dalam rangka Operasi Mantap Brata 2023-2024, Satuan Polisi Perairan dan Udara (Sat Polairud) Polres Lombok Barat (Lobar) telah menggelar berbagai kegiatan di sejumlah pelabuhan di wilayah hukumnya.

Kegiatan ini meliputi patroli jalan kaki, pam bongkar muat, apel kesiapan, dan giat polmas air. Tujuan dari kegiatan ini adalah menjaga keamanan, ketertiban, dan keselamatan di wilayah perairan. Serta memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait harkamtibmas dan pemilu 2024.

Kasat Polairud Polres Lobar, Iptu L. Nursidi, menjelaskan bahwa patroli jalan kaki melakukanya di sekitar Pelabuhan Penyeberangan Senggigi, Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat.

“Hal ini untuk mengantisipasi tindak pidana perairan dan memberikan himbauan kamtibmas kepada para pengguna jasa pelabuhan dan masyarakat setempat. Yang sedang melakukan bongkaran kendaraan kapal fast boat Eka Jaya 26 di sekitar dermaga,” ungkapnya.

Selain itu, apel kesiapan personil juga dilaksanakan di Lapangan Hijau Polres Lobar untuk memastikan kesiapan personil dalam melaksanakan tugas operasi mantap brata.

“Kegiatan polmas air juga  di sekitar pelabuhan timur ASDP Lembar, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat. Pada kegiatan ini, petugas memberikan sosialisasi dan edukasi tentang keselamatan perjalanan laut dan pemilu 2024 kepada para pengguna jasa pelabuhan, buruh, dan masyarakat setempat,” imbuhnya.

Mengajak masyarakat Menciptakan Kamtibmas yang Kondusif

Dalam sosialisasi dan edukasi ini, mengingatkan masyarakat untuk selalu berhati-hati dalam melaksanakan kegiatan di sekitar pelabuhan. “Maupun perjalanan laut guna menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan seperti laka kerja dan laka laut,” terangnya.

Selain itu, mengingatkan masyarakat untuk tidak mudah percaya terhadap isu, hate speech, berita bohong, atau hoax yang dapat memecah belah persatuan NKRI. Juga mengajak Masyarakat untuk bersama-sama menjaga kondusifitas kamtibmas menjelang pemilu serentak tahun 2023-2024.

Kegiatan patroli jalan kaki, apel kesiapan personil, dan giat polmas air oleh Sat Polairud Polres Lobar mendapat apresiasi dari masyarakat.

Masyarakat menganggap bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah perairan, serta memberikan edukasi tentang keselamatan dan pemilu 2024 kepada masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *