Binkam

Sosialisasi Pemilu 2024 di Lombok Barat Diharapkan Ciptakan Situasi Kamtibmas Kondusif

×

Sosialisasi Pemilu 2024 di Lombok Barat Diharapkan Ciptakan Situasi Kamtibmas Kondusif

Sebarkan artikel ini
Satgas Preemtif Polres Lombok Barat Sosialisasikan Tahapan Pemilu 2024

Lombok Barat, NTB – Satuan Tugas (Satgas) Preemtif Polres Lombok Barat, Polda Nusa Tenggara Barat (NTB), terus melakukan sosialisasi tentang tahapan pemilu tahun 2024. Kepada berbagai komunitas di wilayah hukumnya.

Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif menjelang pesta demokrasi tersebut. Salah satu kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh Satgas Preemtif Polres Lombok Barat adalah melalui Subsubsatgas Sosialisasi, Senin (4/12/2023).

Kasat Binmas, AKP Daniel Ibi Lona, S.Sos., mengatakan Subsubsatgas Sosialisasi mengunjungi dua komunitas, yaitu Komunitas Juru Parkir Komplek Pertokoan Emas Gerung dan Komunitas Pedagang Buah Gerung.

“Kami memberikan penjelasan tentang tahapan pemilu tahun 2024, mulai dari pendaftaran calon, kampanye, pemungutan suara, penghitungan suara, hingga penetapan hasil. Selain itu, Subsubsatgas Sosialisasi juga memberikan himbauan kamtibmas kepada kedua komunitas tersebut,” terangnya.

Himbauan kamtibmas yang disampaikan antara lain adalah agar tidak fanatik secara berlebihan terhadap salah satu pasangan calon (paslon) atau calon, yang dapat menimbulkan disharmonisasi dan polarisasi di lingkungan masyarakat.

Subsubsatgas Sosialisasi juga mengingatkan agar tidak mudah percaya terhadap ajakan, hasutan, provokasi, serta berita bohong yang berkembang di media sosial, yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

“Juga mengajak kedua komunitas tersebut untuk turut serta menjaga situasi kamtibmas supaya tetap kondusif menjelang pemilu tahun 2024. Serta menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam pemilu sebagai wujud dari hak dan kewajiban sebagai warga negara,” tandasnya.

Kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh Subsubsatgas Sosialisasi mendapat respon positif dari kedua komunitas tersebut. Mereka menyatakan siap untuk mengikuti tahapan pemilu tahun 2024 dengan aman, damai, dan sejuk. Mereka juga berkomitmen untuk menjaga kerukunan dan toleransi antar sesama warga masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *