Binkam

Waspada Banjir, TNI – POLRI Dan Warga Bersih – Bersih Sungai.

×

Waspada Banjir, TNI – POLRI Dan Warga Bersih – Bersih Sungai.

Sebarkan artikel ini

Lombok Tengah (NTB) – Puluhan personel gabungan TNI-Polri dari Koramil 01/Praya bersama Polsek Praya dan masyarakat melaksanakan kegiatan bersih-bersih dialiran sungai Lingkungan Kamoung Jawa Kelurahan Praya, Kecamatan Praya, Selasa (5/12).

Kapolsek IPTU Susan V Sualang mengatakan kegiatan bersih-bersih sungai ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadi banjir yang diakibatkan luapan aliran sungai yang ada di Kecamatan Praya.

Menurut Susan, dipilihnya Sungai yang ada dikampung jawa untuk melakukan bersih-bersih sungai bersama personel koramil dan masyarakat , dikarenakan merupakan salah satu titik rawan terjadinya bencana banjir.

“Mengingat tahun-tahun sebelumnya wilayah ini sering dilanda banjir apabila memasuki musim penghujan,” ujar Susan.

Maka dari itu, pihaknya bersama TNI dan masyarakat melakukan aksi ini sebagai salah satu antisipasi terjadinya bencana serupa, apalagi intensitas hujan dalam beberapa hari terakhir ini cukup tinggi yang bisa memicu terjadinya banjir.

“Bersih-bersih sungai ini dilakukan sebagai salah satu bentuk upaya preventif dalam mengantisipasi banjir,” jelas Susan.

Susan pun mengajak warga untuk ikut bersama-sama melakukan aksi serupa, jangan sampai setelah banjir melanda baru membersihkan aliran sungai. Antisipasi terjadinya bencana harus dilakukan sedini mungkin untuk meminimalkan dampak yang ditimbulkan jika terjadi bencana.

Selain itu, pihaknya juga memberikan imbauan dan edukasi kepada masyarakat terkait kesadaran utuk tidak membuang sampah sembarangan apalagi ke sungai.

Dari hasil operasi bersih-bersih sungai ini, sampah yang dibersihkan personel TNI dan Polri dan masyarakat didominasi sampah plastik dan sampah rumah tangga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *