Binkam

Sekolah Ramah Anak Cegah Kekerasan, Sat Binmas Polres Bima Kota Sosialisasi di MtsN 2 Kota Bima

×

Sekolah Ramah Anak Cegah Kekerasan, Sat Binmas Polres Bima Kota Sosialisasi di MtsN 2 Kota Bima

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, NTB (17/7) – Sat Binmas Polres Bima Kota menjadi penyampaian materi dalam rangka Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) di MtsN 2 Kota Bima. Kegiatan ini diikuti oleh Kanit Bhabinkamtibmas Aiptu Asnawi dan Kanit Binpolmas Sat Binmas Aipda Munawar Halil, yang bertindak sebagai pemateri dengan tema “Cegah Kekerasan dengan Sekolah Ramah Anak.” Acara tersebut berlangsung pada Rabu, 17 Juli 2024 pukul 08:15 WITA.

Kapolres Bima Kota AKBP Yudha Pranata, S.I.K., S.H melalui P.s Kasubseksi Pidm Sie Humas Aipda Nasrun, menjelaskan penyampaian materi oleh Kanit Bhabinkamtibmas Sat Binmas, Aiptu Asnawi, SH. Dalam kesempatan tersebut, Aiptu Asnawi mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah MtsN 2 Kota Bima yang telah mengundang Polres Bima Kota untuk menyampaikan materi tentang kenakalan remaja. Ia juga mengharapkan agar pihak sekolah di seluruh Kota Bima terus melaksanakan kegiatan serupa.

Aiptu Asnawi menekankan bahwa perkembangan teknologi saat ini membawa dampak positif maupun negatif, terutama dalam penggunaan media sosial. Kenakalan remaja seringkali terjadi akibat kegagalan dalam menjalani proses perkembangan jiwa, baik saat masa kanak-kanak maupun remaja. Masa kanak-kanak dan remaja berlangsung begitu singkat, dengan perkembangan fisik, psikis, dan emosi yang cepat. Secara psikologis, kenakalan remaja merupakan wujud dari konflik-konflik yang tidak terselesaikan dengan baik.

Berbagai contoh kenakalan remaja yang berdampak hukum seperti panah misterius, tawuran antar pelajar, dan asusila telah banyak ditangani oleh Polres Bima Kota hingga diajukan ke pengadilan dan diputuskan secara inkrah. Aiptu Asnawi menghimbau kepada seluruh siswa MtsN 2 Kota Bima untuk menghindari tindakan melanggar hukum yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. Ia juga mengharapkan agar siswa tetap mengejar mimpi dan mencapai kesuksesan.

Selain itu, Aiptu Asnawi menyampaikan himbauan terkait maraknya kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh ugal-ugalan dalam membawa sepeda motor. Polres Bima Kota mengingatkan tentang penerapan hukum lalu lintas dan aturan berlalu lintas yang baik dan benar. Pelajar yang masih di bawah umur diharapkan tidak menggunakan kendaraan bermotor saat berangkat maupun pulang sekolah. Orang tua juga dihimbau untuk tidak segan-segan memarahi anak yang membawa sepeda motor, apalagi jika mereka di bawah umur.

Polres Bima Kota juga melaksanakan operasi patuh atau razia kendaraan yang tidak dilengkapi dengan ketentuan seperti knalpot racing dan kendaraan yang tidak memiliki surat-surat lengkap. Penegakan hukum akan dilakukan terhadap pelanggaran tersebut.

Pada kesempatan ini, Polda NTB juga membuka penerimaan Bintara Polri setiap tahunnya. Seleksi perekrutan dilakukan secara transparan dan tidak dipungut biaya. Oleh karena itu, siswa yang berminat menjadi anggota Polri diharapkan mulai mempersiapkan diri baik dari segi jasmani, kesehatan, maupun akademik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *