Bakti Sosial Hari Bhayangkara ke 76, Kapolda NTB Resmikan Fasilitas Air Bersih di Dusun Aik Mual Lombok Barat

Bakti Sosial Hari Bhayangkara ke 76, Kapolda NTB Resmikan Fasilitas Air Bersih di Dusun Aik Mual Lombok Barat

Lombok Barat, NTB – Kapolda NTB Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto, resmikan Fasilitas Air Bersih di Dusun Aik Mual Desa Sekotong Timur Kecamatan Lembar. Dikemas dalam Kegiatan Bakti Sosial, yang merupakan rangkaian Kegiatan Hari Bhayangkara 1 Juli 2022 yang ke 76.

Turut meresmikan, Bupati Lombok barat H. Fauzan Khalid, S.Ag.M.Si, dan Ketua Dewan pembina YTBN Wicahyo Ratomo, Jumat (24/6/2022).

Fasilitas Air bersih ini merupakan kolaborasi Polda Nusa Tenggara Barat, Yayasan Tunas Bakti Sosial (YTBN) dan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat.

Kapolda NTB Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto mengingatkan, akan kepekaan dan kepedulian dengan sesama.

“Jangan sampai Masyarakat kita hidup sepi dalam keramaian, sehingga kita patut besyukur, dengan menyentuh saudara-saudara kita,” ungkapnya.

Terkait dengan air bersih ini, Kapolda NTB berpesan tentang persatuan, memiiki keterkaitan yang mana perbedaan dan keragaman merupakan fondasi kuat dalam persatuan.

“Kalau tadi judulnya air bersih, rumus kimianya itu molekul H2O berarti ada dua atom hydrogen dan satu atom oksigen. Tapi karena menjadi satu, memiliki kemanfaatan dalam membawa kehidupan,” jelas Kapolda.

Sehingga, bila menyatukan perbedaan, membawa kehidupan atau membawa nilai fondasi dalam berkehidupan.

“Artinya, yuk kita sama sama membawa perbedaan justru menjadikan kemanfaatan. Seperti bapak pendiri kita, perbedaan menjadikan Indonesia berdiri dari kebhinekaan, dan keberbedaan,” pesannya.

Pada kesempatan itu pula, Kapolda NTB menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, yang telah membantu.

“Waktu ke Teluk Gok, yang masuk Lombok barat, anak-anak di situ harus berjuang untuk pergi ke Sekolah dengan perjalanan pulang pergi hingga enam jam,” ungkapnya.

Bakti Sosial Hari Bhayangkara ke 76, Kapolda NTB Resmikan Fasilitas Air Bersih di Dusun Aik Mual Lombok BaratKini anak-anak di teluk Gok memiliki harapan dri sisi pendidikan dengan pembangunan sekolah satu atap.

Sama halnya dengan Fasilitas Air Bersih di Dusun Aik Mual Desa Sekotong Timur Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat, yang harapannya menjadi sumber Kehidupan Masyarakat.

Sementara itu, Dir Binmas Polda NTB Kombes Pol Dessy Ismail S.I.K Selaku Ketua Panitia Bakti Sosial, mengatakan kegiatan ini sudah yang ke enam.

“Kegiatan Bakti Sosial di NTB, merupakan kegiatan yang ke 6. Untuk Dusun Aik Mual sendiri pada tahun 2016 pernah melakukan pembangunan Fasilitas Pendidikan Sekolah SD,” ungkapnya.

Struktur Lokasi Dusun Aik Mual ini sendiri merupakan pegunungan menjadi alasan pembangunan Fasilitas Air bersih.

“Pembangunan fasilitas air bersih meliputi, Sumur air dalam, tandon air, dan Toilet Komunal. Bakti Sosial memiliki tiga Misi, meliputi Kesejahteraan, Kesehatan Nusantara dan Pendidikan,” tandasnya.

Kemudian Ketua Dewan Pembina YTBN Wicahyo Ratomo menyampaikan bahwa pada tahun 2016 sempat melakukan komunikasi dengan masyarakat.

“Bahwasanya masyarakat untuk bersekolah jauh dan sulitnya air bersih, sehingga di tahun 2016 kita tergugah untuk membangun sekolah. Alhamdulillah di tahun 2022 saat ini, kita kembali membangun Fasilitas Air bersih di Dusun Aik Mual,” ungkapnya.

Untuk kedalaman penggalian Sumur di tempat ini, dengan kedalaman hingga 120 Meter dan mengerjakannya selama dua Bulan oleh ahli khusus Air Dalam.

“Kami berharap dengan adanya Fasilitas Air bersih, selain sebagai dasar Pola Hidup Sehat, juga dapat menggerakkan prekonomian masyarakat dalam memaksimalkan hasil Hydroponik,” harapnya.

Kemudian Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid, S.Ag.M.Si., mengungkapkan harapannya, untuk bersama-sama menjaga fsilitas ini.

“Harapan saya kedepan, apa yang sudah dibangun agar Kepada Kepala Desa untuk menjaganya. Kami dari Pemda Lombok Barat, akan terus membantu stimulan guna mendukung perkembangan Prekonomian masyarakat,” ucap bupati.

Fauzan menegaskan bahwa Kolaborasi dan Kerja sama merupakan hal paling penting untuk mewujudkan segalanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.