HukrimKriminal

Empat Pemeras Wisatawan di Pelabuhan Kali Mas Calaca Kota Manado Dibekuk Polisi

×

Empat Pemeras Wisatawan di Pelabuhan Kali Mas Calaca Kota Manado Dibekuk Polisi

Sebarkan artikel ini
Polisi Ringkus Empat Pria yang Memeras Wisatawan ke Pulau Bunaken

Manado – Empat pria yang diduga melakukan pemerasan terhadap wisatawan dan pemilik perahu taxi/kapal di sekitar Pelabuhan Kali Mas Calaca, Kota Manado, berhasil diringkus oleh Tim Resmob on the road (ROTR) Polresta Manado pada Sabtu (12/8/2023) siang.

Keempat pria tersebut adalah YP (31), RK (19), AT (34), dan RM (41), yang semuanya warga Kota Manado. Mereka mengincar wisatawan yang akan berwisata ke Pulau Bunaken, salah satu destinasi wisata bahari terkenal di Indonesia.

“Kami mendapat informasi dari masyarakat bahwa ada beberapa orang yang memeras wisatawan di Pelabuhan Kali Mas Calaca. Kami langsung melakukan penyelidikan dan mengamankan keempat pelaku,” ujar Kompol Sugeng Wahyudi Santoso, Kasatreskrim Polresta Manado.

Menurut Kompol Sugeng, modus operandi para pelaku adalah berpura-pura menjemput wisatawan yang akan naik perahu taxi/kapal ke Pulau Bunaken. Setelah sampai di perahu, mereka meminta uang kepada kapten kapal dengan alasan bahwa wisatawan tersebut adalah tamu mereka.

“Setiap wisatawan yang berangkat ke Pulau Bunaken dipatok harga Rp10.000 oleh para pelaku. Ini sangat merugikan wisatawan dan juga pemilik perahu taxi/kapal,” kata Kompol Sugeng.

Kompol Sugeng menambahkan bahwa para pelaku sudah beraksi sejak beberapa bulan lalu dan telah mengumpulkan uang puluhan juta rupiah dari hasil pemerasan mereka. Saat ini, mereka masih menjalani pemeriksaan di Polresta Manado untuk menentukan status hukum mereka.

“Kami mengimbau kepada masyarakat dan wisatawan untuk berhati-hati jika ada orang yang mencurigakan di sekitar Pelabuhan Kali Mas Calaca. Jika ada yang merasa menjadi korban atau mengetahui adanya tindak pidana, segera laporkan ke polisi,” tutup Kompol Sugeng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *