Binkam

Polres Loteng Laksanakan Tes Kesamaptaan Jasmani Berkala Tahun 2024.

×

Polres Loteng Laksanakan Tes Kesamaptaan Jasmani Berkala Tahun 2024.

Sebarkan artikel ini

Lombok Tengah (NTB) – Untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmani personelnya, Polres Lombok Tengah laksanakan Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) mulai dari tanggal 15 sampai dengan tanggal 20 Januari 2024 yang dilaksanakan di Alun-Alun Tastura Praya Kabupaten Lombok Tengah.

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh personel dari Polres Lombok Tengah dan Polsek jajaran, untuk menjaga stamina anggota agar tetap kondisi dalam keadaan prima dalam pelaksanaan tugas.

Kapolres Lombok Tengah AKBP Iwan Hidayat, SIK melalui Kabag SDM KOMPOL Maskur, S.Sos Rabu (17/1) menjelaskan bahwa Tes Kesamaptaan ini dilakukan guna mengetahui dan mengukur kekuatan stamina dan kesamaptaan seluruh anggota Polri dan ASN Polri, yang berdinas di Polres dan Polsek jajaran Polres Lombok Tengah.

“TKJ dilaksanakan setiap semester enam bulan sekali dan semua anggota wajib untuk mengikuti. TKJ juga berfungsi untuk mengukur kemampuan dan ketahanan fisik perorangan masing-masing personel,” ujar Maskur.

Maskur menjelaskan kegiatan Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) ini merupakan kegiatan rutin yang di laksankan selama 6 bulan sekali oleh Personil Polres Lombok Tengah dan merupakan program kerja Bag SDM untuk mengukur kemampuan anggota di bidang jasmani dan untuk memenuhi 13 komponen Polri.

Ia menambahkan bahwa pelaksanaan TKJ dibagi dalam tujuh gelombang. Maksud dari pengaturan jadwal yang dibagi menjadi tujuh gelombang ini supaya tidak mengurangi atau mengganggu kegiatan lainnya yang berhubungan dengan tugas operasional maupun pelayanan masyarakat dari anggota yang bertugas di masing-masing satuan fungsi ataupun anggota yang bertugas di Polsek jajaran, dengan harapan tetap terjaganya kondisi fisik yang prima sebagai pendukung tugas dilapangan.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) ini dapat menjaga kebugaran jasmani anggota agar tetap prima sehingga dapat mengemban tugas Kepolisian dengan maksimal sebagaimana tugas pokok Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat,” tutur Maskur

Sebelum pelaksanaan TKJ, seluruh anggota juga diharuskan untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan oleh tim dari Urkes Polres Lombok Tengah.

Dalam Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) tersebut terdiri dari beberapa tahapan yaitu lari selama 12 menit, sit up, pull up, push up dan shuttle run.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *